Hukum Moore - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, May 16, 2018

Hukum Moore




Gordon Moore, Seorang insinyur pada Fairchild Semiconductor pada tahun 1980 menyatakan bahwa kapasitas silikon secara konstan meningkat dua kali lipat setiap 18 sampai 20 bulan. Perkembangan teknologi IC ini terus memicu adanya peningkatan teknologi komputer. Pada saat ini bukanlah suatu yang mengherankan ketika sebuah komputer dapat disimpan dalam bentuk perangkat dengan ukuran yang sangat mini. pada kekompakan perangkat IC terus mengalami peningkatan, pada generasi komputersebelumnya, ukuran sebuah komputer dapat mencapai ukuran sebuah kamar tidur. Dengan demikian IC yang terus menerus semakin kompak, maka ukuran komputer dapat terus diperkecil dengan kemampuan yang tetap sama atau lebih cepat. 

Sampai saat ini , Hukum Moore masih menunjukan akurasinya. Komputer - komputer yang ada saat ini mengikuti Trend Hukum  Moore diatas. Tantangan yang timbu adalah dari pemanfaatan teknologi IC tersebut yaitu proses perancangan komputer jenis baru yang lebih baik. Proses perancangan ini semakin penting karena fungsionalitas sistem komputer akan terbangun aksimal dengan pengembangan perangkat yang maksimal sehingga perkembangan teknologi IC tidak akan sia - sia.

Sampai saat ini terdapat kendala yaitu Gap antara perkembangan  teknologi IC dengan kinerja perancangan yang masih lambat dibandingkan dengan ketersediaan teknologi IC yang terus meningkat  dari waktu ke waktu.

Disamping pengembangan IC pada perancangannya, tidak ketinggalan yang penting adalah pengembangan  aplikasinya sehingga fungsi yang langsung digunakan oleh pengguna. Perkembangan aplikasi ini menjadi  bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan IC dan perancangannaya. 


Sumber:
Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close