Komputer Integrated Circuit (IC) - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, April 25, 2018

Komputer Integrated Circuit (IC)



Penemuan Transistor tidak membuat peneliti cukup untuk tidak melakukan Inovasi. Perkembangan selanjutnya adalah Integrasi rangkaian dalam bentuk yang sangat mampat dengan ukuran yang kecil  yaitu Integrated Circuit (IC).

Penemuan Integrated Circuit (CI)


Transistor merupakan lompatan Tekhnologi yang besar. Para peneliti tahun 1950-an mencoba membuat rangkaian yang terintegrasi dengan teknologi dasar Transistor. Uaha ini dilakukan untuk lebih mengefisiensikan kerja kmputer. Rangkaian yang terintegrasi akan meningkatkan kecepatan proses. Perpindahan data dari satu Komponen ke Komponen yang lainnya membutuhkan waktu yang lebih sedikit.

Jack S.Kilby seoang karyawan Texas Instrument yang pertama kali memiliki ide untuk menyatukan seluruh komponen alam satu blok (monolith) semikonduktor. Pada tahun 1958 ide Kirbly ini diwujudkan, dia membuat IC yang pertama. 

Konsep IC-nya sendiri pertama kali muncul tahun 1952 dikonsepkan oleh seorang ilmuan radar Inggris Geoffrey W.A Dummer namun tidak berhasil mewujudkan rancangannya tersebut.

Penemuan Kilby dilanjutkan oleh Robert Noyce yang merancang IC dengan jalur koneksinya sehingga IC siap di pasarkan secara massal.

penemuan IC merupakan sumbangan besar bagi komputer generasi ketiga. Pada Komputer Generasi ketiga IC mulai digunakan menggantikan Transistor.

Beberapa Komputer yang mewakili generai ini adalah:


IBM S/360

Komputer IBM S/360 adalah sebuah Mainframe  yang dibuat pada tahun 1964 dengan menggunakan IC sebagai teknologi dasar rangkaiannya. Nama S/360 digunakan karena kemampuannya melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yaitu dapat digunakan untuk berbagi aplikasi bisnis maupun teknik.

Sistem operasi yang digunakan pada IBM S/360 adalah:


  • DOS/360 untuk mesin kecil seperti S/360 model-30 dan 40
  • OS/360 untuk SIstem Multiprogramming
  • TSS/360 untuk sistem Time-Sharing Multi-User

NG-Nova (Data general Corp. Nova)

Nova adalah Komputer mini 16 bit pertama dirancang oleh Edson de Castro dari DG (Data General). IC yang digunakan berjenis MSI (Medium-Scale Integrated Circuits). DG sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan DEC yang tidak puas atas kebijakan perusahaan. DG membuat Nova pada tahun 1969. Rancangannnya mirip dengan PDP-8 dengan kemampuan yang lebih baik. Kesuksesan Nova diikuti oleh penerusnya yaitu Supernova.

Sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan Nova adalah DOS dan RDOS. Perangkat lunak yang jalan pada NOVA adalah Algol 60 Compiler, Fortran IV dan Basic.


Beberapa perusahaan yang mengembangkan komputer dan termasuk  pada generasi ketiga adalah:
 
1. Burroughs Adding Machine mengembangkan Burroughs 57000, Burroughs 6000, Burroughs 77000
2. Control Data Corp. Mengembangkan GE 600, CDC 6000, CDC 7000
3. Digital Equipment Corporation mengembangkan PDP-8, PDP-11
4. National Cash Register mengembangkan NCR Century
5. Sperry-Rand-UNIVAC mengembangkan UNIVAC 1108, UNIVAC 9000

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri - ciri sebagai berikut:

  • Teknologi dasar pembangunan rangkaian yang digunakan adalah IC
  •  Penggunaan sistem operasi lebih bervariasi disesuaikan keperluan
  • Piranti keluaran berupa  layar terminal yang dapat menampilkan gambar dan grafik. Kemampuan membaca tinta magnetic dengan MIRC (magnetic Ink Caracters Rcognation) reader.
  • Menggunakan memori sekunder dengan kapasitas yang lebih besar yaitu magnetic disk yang dapat menyimpan jutaan karakter.
  • Memiliki fitur multiprocessing dan multiprogramming yaitu dapat memproses sejumlah daya dari berbagai sumber yang berbeda dan dapat mengerjakan beberapa program secara bersamaan
  • Memiliki fitur jaringan, satu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain. Kecepatan proses yang lebih baik. Satuan nanoseconds per detik. 
  • Kapasitas memori lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Penggunaan daya listrik lebih hemat.


Sumber:
Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close