Hukum Moore Part II - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, May 16, 2018

Hukum Moore Part II


Beberapa fakta perkembangan teknologi IC dan Aplikasi - aplikasi yang ada diatasnya adalah sebagai berikut:

1. Semakin padat teknologi IC menuntut kemampuan untuk meletakan miliaran Transistor pada suatu chip yang kecil.
2. Aplikasi semakin komplek dengan adanya adanya integrasi antara komunikasi, kendali dan sistem komputasi bergerak.
3. Fungsionalitas perangkat keras dan perangkat lunak semakin fleksibel. Semua fungsi dapat diterapkan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak. Sistem perancangan dituntut untuk dapat melakukan pemisahan perangkat keras dan perangkat lunak dengan optimal yang sesuai dengan spesifikasi sistem.

Hukum Moore ini telah menjadi bagian yang penting dalam perkembangan komputer generasi - generasi berikutnya. Setelah ditemukannya IC, sampai sekarang belum ada lagi penemuan mendasar yang menjadi pemicu peningkatan kemampuan komputer. Perkembangan selanjutnya adalah perkembangan teknologi IC menjadi LSI, VLSI dan seterusnya. Perkembangan ini dipicu oleh semakin kompaknya sebuah IC sementara komponen dasarnya tidak berubah.

Diperlukan penemuan - penemuan komponen dasar baru sehingga dapat digunakan untuk membangun komputer generasi berikutnya yang lebih canggih. Sampai saat ini penelitian pada bidang ini masih terus dikembangkan dengan berbagai arah pengembangan. Diantara penelitian yang berkaitan dengan ini adalah teknologi meta material, teknologi nano dan teknologi quantum.

tidak dipungkiri bahwa teknologi dasar menjadi pemicu awal perkembangan teknologi komputer yang membedakan dari satu generasi ke generasi yang lain.

 
Sumber:  Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close