Perkembangan Tekhnologi Komputer - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, February 21, 2018

Perkembangan Tekhnologi Komputer

Perkembangan Tekhnologi

Multi KompetensiKomputer telah megalami metamorfosis arsitekktur dan fungsi yang pesat dalam 50 tahun terakhir. Dipicu oleh persaingan industri yang melahirkan gadget, komputer cerdas, komputer saku dan perangkat bergerak lainnya. Satu prinsif yang tetap sama adalah proses komputasi didalamnya, dan itulah mengapa perangkat tersebut disebut komputer. Ditemukannya tekhnologi dasar pembangunan sel komputer seperti tabung hampa, transistor, IC, SSI, MSI, LSI, an VLSI menjadi pemicu berkembangnya teknologi komputer. Sebut saja konsep Ubiquitous Computing, Pervasive Everythings (IoE). Perkembangan ini tidak  lepas juga dari Proses dengan melakukan inovasi produk sehingga tetap  mendapatkan pangsa pasarnya. Pemicu perkembangan komputer tidak hanya tekhnologi dasar perkembangannya tapi tuntutan pengguna terhadap sistem yang cerdas yang dapat berkomunikasi langsung antar mesin, menciptakan sebuah infrastruktur yang cerdas.


Gadget, istilah yangsebenarnya telah ada sejak tahun 1850-an  tertuang dalam Oxford English Dictionary, menjadi istilah yang populer dalam lima tahun terkahir ini.

"A small mechanical or electronic device or tool, especially an ingenious or evel one."

Wikipedia mengartikannya sebagai:

'A Gadget is a small technological object (such as a device or an appliance) that has a particular function, but is often thought of as a novelty. Gadgets are invariably considered to be more unusually or cleverly designed than normal technologyat the time of their invention. Gadgets are sometimes also referred to as gizmos."

Dalam dua pengertian ini terdapat kata perangkat kecil yang cerdas/cerdik/pintar. Secara umum gadget memiliki kedua karakter ini. Saat ini gadget menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari - hari masyarakat modern saat ini, Tidak hanya orang dewasa, anak - anak sekolah dasar bahkan taman kanak - kanak telah mengenal dan menggunakannya. 
Tuntutan  pengguna yang terus meningkat didukung olehperkembangan tekhnologi processor dan sistem operasi sebagai pembangun dasar sebuah perangkat dan dipicu oleh persaingan industri telekmunikasi telah menghasilkan inovasi perangkat bererak yang canggih. bentuknya semakin mudah dibawa dan disimpan (portable) dan dapat dibawa kemana - mana (mobile), kecepatan semakin tinggi, dan harganya semakinn terjangkau. 

Inovasi perangkat - perangkat teknologi didukung dengan seakin pesatnya penelitian - penelitian yang menghasilkan konsep - konsep perancangan dan implementasi yang  semakin efisien dilihat dari sisi waktu. Pengembangan ide sampai menjadi produk masal tidak lagi membutuhkan waktu yang lama seperti peemuan - penemuan ilmiah yang sifatnya konseptual. Penemuan - penemuan teknologi sekrang berada pada bagian hilir inivasi yang lebih dekat dengan konsumen dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.


Sumber:
Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close