Ergonomi di Bidang IT - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, February 27, 2018

Ergonomi di Bidang IT


Konsep Ergonomi telah muncul lama berselang bahkan bentuk bentuknya sudah ada sejak jaman Mesir Kuno, tetapi bagi sebagian besar orang, istilah Ergonomi masih terdengar asing. Bagaimana dengan Anda ?

Di Era Informasi dan teknologi dewasa ni, segala aktivitas manusia sngat terhubung dengan perangkat dan peralatan bahkan manusia harus menggunakannya dalam waktu lama, seperti misalnya menggunakan perangkat transfortasi, mengerjakan pekerjaan rumah dengan berbagai peralatan rumah tangga, duduk dan menggunakan komputer berjam - jam, dsb. Hal tadi hanya sebagian kecil contoh dari aktivitas manusia abad ini. Masih banyak perangkat teknologi IT yang selalu menyertai manusia dalam pekerjaannya.

Apakah anda merasa nyaman secara mental dan fisik waktu beraktivitas dengan perangkat tersebut ? kebanyakan akan menjawab iya, apakah yang anda rasakan  merupakan kebaikan dari faktor ergonomi yang dirancang sedemikian rupa untuk anda .

Hanya saja, faktor ergonomi tidak  sepenuhnya dapat diandalkan. Buktinya, banyak pekerja menceritakan pengalaman tidak mengenakan seperti nyeri, lelah, hingga aktivitas dan produktivitas menurun. Hal ini sangat tidak baik bagi pekerja dan perusahaan, Jika demikian, apa yang harus dilakukan untuk mensiasatinya ?


Apa Itu Ergonomi ?

Ergonomi dalam  bahasa inggris disebut 'Ergonomic' adalah bidang keilmuan dalam merancang pekerjaan, peralatan, dan mencakup pula lingkungan tempat bekerja yang nyaman bagi para pekerja.

Sebuah Organisasi bernama The International Ergonomics Assosiation (IEA). federasi  dari empat puluh dua organisasi individu bidang Ergonomi di seputar dunia menjadi akselerasi bagi kemajuan bidang ilmu Ergonomi. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kuaitas hidup danmemberikan kontribusi bagi Masyarakat dengan  berbagai kemajuan di Bidang Ergonomika

Bersambung.......

Sumber:
IT Ergonimics- Penulis : Feri Sulianta - Penerbit :PT Elex Media Komputindo

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close