Komputer Sederhana - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, February 26, 2018

Komputer Sederhana

Multi Kompetensi
Difference engine

Komputer pada mulanya adalah alat yang sederhana. Berawal dari alat sederhana ini komputer modern dikembangkan. terdapat segmentasi perkembangan dilihat dari komponen dasar pengembangannya. Diistilahkan sebagai penggenerasian komputer, sutu cara untuk memudahkan pembahasan perkembangan teknologi komputer. Komputer dijelaskan berdasarkan teknologi /komponen dasar yang digunakan untuk membangunnya. Penyebutan generasi komputer ditunjukan untuk memudahkan membedakan satu teknologi dengan teknologi lain berdasarkan kronologis waktu dibuatnya.

Penggenerasian komputer sebenarnya tidak ada kesepakatan resmi. Ciri ciri umum dan teknologi dasar perkembangan adalah dua hal yang bisa dijadikan acuan dasar penggenerasian komputer. Dengan dua parameter itu setidaknya kita dapat mengelompokan perkembangan komputer dengan melihat perubahan perubahan yang terjadi pada keduanya. Berikut ini secara umum perkembangan komputer dari generasi ke generasi.

Jauh sebelum kiyta mengenal komputer digital seorang profesor Matematika dari Universitas Cambridge, 1827-1839, Charles Babbage (1792-1872) merancang suatu mesin yang dikenal dengan Different Engine, 1823. Mesin yang dibuat ini masih sangat sederhana dengan menggunakan bahan - bahan mekanik. Mesin ini mampu menghitung tabel matematis. Pada tahun 1942, Babbage tidak meneruskan pengembangan mesin ini dan fokus pda pengembangan mesin lain. 

Sepuluh tahun setelah mesin pertamanya dirancang, tahun 1933, bbabage membuat sebuah konsep mesin baru yaitu Analytic Engine. Mesin ini dapat dianggap sebagai konsep awal sebuah komputer serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Bbage meninggal tahun 1872 dengan menyisakan rancangan mesin yang beum terealisasi. Rancangan Babbage tidak sia - sia, karena mesin yang dia buat menjadi Inspirasi bagi perancang- perancang berikutnya.



Sumber:

Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close