Komputer Cerdas dan Kecepatan Tinggi - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, June 26, 2018

Komputer Cerdas dan Kecepatan Tinggi



Pada bagian akhir perkembangannya, teknologi komputer tidak hanya dipiicu oleh komponen teknologi dasr pengembangan komputer. Memenuhi kebutuhan pengguna yang memerlukan perangkat asisten yang mudah dibawa dan mampu "mengerti", "memahami" , secara tidak 'tidak kentara" melakukan komputasi bagi penggunanya dan memberikan informasi yang diperukan oleh pengggna.

Faktor kecerdasan menjadi isu yang penting pada peerkembangan teknologi komputer saat ini. Komputer yang cerdas adalah yang dapat melalukan berbagai proses komputasi tanpa harus diiisiai/dipicu leh pengguna sendiri. Terdapat sebuah sistem kecerdasan yang ditanamkan didalamnya. Sistem cerdas ini berinteraksi dengan lingkungan menggunakan sensor - sensor dan aktuator. Perkembangan sistem yang cerdas ini tidak terlepas dari perkembangan algoritma. metode pada bidang kecerdasan buatan dan machine learning.

Komputer generasi berikutnya menunjukan persimpangan yang cukup lebar untuk memenuhi dua kebutuhan yang berbeda yaitu  antara mobilitas dan data yang besar. Komputer dikembangkan menjadi sangat sederhana dengan mengandalkan kemampuan perangkat lunak sistem operasi. Kata kunci yang penting pada komputer tipe ini adalah mobilitas. 

Sebuah sistem tertanam yang  memiliki kemampuan komunikasi dengan perangkat lunak aplikasi yang jalan diatasya.

Kebutuhan pemerosessan data besar (big data) menjadi tuntutan yang dipicu oleh kebutuhan analissi terhadap fenomena yang terjadi dibelakang data tersebut. Perusahaan sangat berkepentingan dengan penyebab timbulnya data - data tersebut sebagai bahan awal untuk  analisis langkah berikutnya sebagai antisipasi. Keperluan pemrosesan data besar ini tidak hanya sekedar untuk kepentingan bisnis, termasuk juga politik dan hubungan sosial. Kebutuhan ini memicu kembalinya komputer - komputer kecepatan  tinggi yang dapat memproses data besar dalam waktu yang relatif singkat. Perkembangan arsitektur komputer berkinerja tinggi mengarah pada sistem komputasi terbesar.

Sumber:

Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close