Komputer Tabung Hampa - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, April 11, 2018

Komputer Tabung Hampa




Awal generasi komputer ditandai dengan  kemampuan komputer untuk menyimpan program dalam memori. Sebelumnya, baik komputer mekanik maupun elektrik, tidak menyimpan program dalam emori komputer. Program - program ditulis dalam kartu yang dilubangi kemudian dieksekusi. Bahkan beberapa komputer dibuat hanya untuk menyelesaikan satu kasus tertentu.

Pada komputer stored-program operasi komputer dikontrol oleh progam yang disimpan di memprikomputer. Stored program merupakan suatu konsep lompatan yang berantai program disimpan dalam memori komputer dan dieksekusi secara beruntun. Program dibuat dengan menggunakan bahasa mesin yang terdiri dari bilangan biner 0 dan 1.

Beberapa Komputer yang mewakili generasi ini adalah:

ENIAC ( Electronic Numerical Interator And Computer)

ENIAC dirancang oleh Dr. J. Presper Eckert dan Dr. John W Maunchly dari Moore School, Universitas Pennsylvania pada tahun 1943 dan selesai tahun 1945. Secara fisik ENIAC adalah Komputer Raksasa dengan berat 30 ton.

Sebagai perangkat masukannya digunakan Card Reader IBM dan sebagai Piranti keluarannya digunakan Puch Card, 

Komputer utama ENIAC terdiri dari beberapa rangkaian dasar - dasar akumulator (accumulator), inisiator (initiator), pemrogram utama (Master Programmer), pengali (Multiplier), pembagi/pemcari akar pangkat (divider/square -rooter), gerbang (gate), bufer (buffer), pencetak printer, unit singkronisasi dan tabel fungsi

1. Akumulator berfungsi sebagai Register Peroses ( pada Komputer sekarangbisa dianggap sebagai unit Pemroses Utama, (CPU)  ENIAC mampu melakukan 5000 penjumlahan atau pengurangan sederhana dalam setiap detiknya.
2. Inisiator melakukan tugas - tugas  khusus seperti menyalakan power atau mematikannya.
3. Pemrogram utama berfungsi untuk mengendalikan eksekusi program
4. Pengali sebagai bagian dari pemroses utama ENIAC dapat melakukan 385 operasi perkalian per detik.
5. Pembagi. pencari akar pangkat bagain dari pemroses utama dengan kemampuan 40 proses pembagian per detik dan 3 proses pencarian akar pangakt per detik.
6. Gerbang melakukan operasi Logic 'AND
7.Bufer berfungsi untuk melakukan Operasi Logic "OR
8. Pencetak berfungsi untuk menampilkan  hasil proses
9. Unit Singkronisasi berfungsi untuk proses SIngkroniasi antar komponen
10. Tabel fungsi digunakan sebagai Pemrograman.

Sejalan dengan Perkembangan teknologi, ENIAC semakin ketinggalan. Walau demikian, ENIAC dapat dianggap sebagai Lompatan Awal Komputer Modern pda Tahun 1955 ENIAC secra resmi di matikan.


Sumber:
Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close