Perkembangan Tekhnologi Komputer Part II - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, February 22, 2018

Perkembangan Tekhnologi Komputer Part II



MULTI KOMPETENSI - masih belum terlihat ujung dari inovasi teknologi komputasi dan komunikasi yang terjadi saat ini. Perangkat komputasi dan komunikasi yang  tadinya memiliki ranah berbeda telah meyatu dalam sebuah perangkat yang kompak, multi fungsi degan kecepatan tinggi. 

Proses komputasi dan komunikasi telah menjadi satu dan tidak terpisahkan. Pemroses kata dan alat komunikasi, sebelumnya dua alat yang berlainan. Dua puluh tahun yang lalu terdapat dua alat yang sama sekali tidak berhubungan, sebuah komputer yang berfungsi untuk melakukan komputasi dengan bentk yang besar, layar monitor tabung yang berat dengan CPU duduk yang besar juga. Disampingnya terapa sebuah teepon rumah dengan bentuk pegangan tangan yang besar, yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua titik yang berbeda melalui jaringan public switch telephone Network (PSTN). Keduanya berfungsi dan sama sekali terdapat moduk - modul aplikasi untuk komunikasi dan pengiriman teks, video dan audio bersatu dengan aplikasi untuk menulis surat elektronik (surel) dan perangkat tersebut dapat dibawa kemana saja dengan mudah.

Dengan berbagai bentuk dan perkembangan perangkat yang ada terdapat satu konsep dasar yang tidak berubah yaotu proses komputasi yang ada didalamnya. Secara emndasar masih tetap dikategorikan sebagai komputer yaitu sebuah perangkat yang melakukan proses komputasi apapun bentuknya.

Menjadi menarik untuk menulusuri konsep awal terbentuknya sebuahperangkat komputer. Penelusuran ini berawal dari kondisi lingkungan yang paling sederhana dengan berbagai perangkat mekanik, yang diikuti olehpeneuan - penemuan komponen dasar pembangun komputer sehingga dapat berkembang menjadi komputer canggih seperti saat ini.

perkembangan ini tidak terlepas dari peran paa ilmuan, peneliti yang secara terus menerus melakukan uji coba yang menghasilkan titik - titik perubahan pada level komponen dasar. dengan penemuan - penemuan komponen dasar ini menjadi titik awal perubahan komputer baik dari sisi bentuk, kecepatan maupun fungsi.

Pada awalnya komputer tidak mengenal perangkat penyimpan data. Setelah ada alat penyimpan data mulailah komputer memasuki babak baru dengan dikenalnya perangkat lunak yang berawal dari program yangsangat sederhana, Pada saat ini perkembangan Perangkat keras dan perangkat lunak terus mengalami perubahan perpaduan keduanya menghasilkan perangkat yang handal dan biaya produksi rendah.



Sumber:

Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close