Sejarah Ergonomi Part II - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, March 5, 2018

Sejarah Ergonomi Part II



Bagaimana Ergonomi ini kahirnya menjadi sedemikian penting hingga jaman kita ? Ada beberapa kejadian historis yang menjadi basis dari peran Ergonomi masa kini, Berikut Kronologis Peristiwa :


  • REVOLUSI INDUSTRI

Pembelajaran untuk meningkatkan produktivitas pekerja berdasarkan produk yang dihasilkan. Muncul istilah Scientific Management , dengan implementasi penggunaan perangkat untuk optimalisasi Produktivitas.

  • PERANG DUNIA I dan II

Berbagai kendaraan dan peralatan perang dibuat seperti: pesawat, tempat, tank baja,dan mesin - mesin pemusnah. Perangkat demikian harus dibuat sangat aman untuk menekan risiko kegagalan karena keselamatan pengguna i pertaruhkan.

  • INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER

Komputer masa awal dirancang sebagai alat komunikasi saja, komputer masa itu sangat sulit dioperasikan, dengan desain yang sangat tidak efektif dan efisien.

Seraya organiasis dan pemerintahan melihat kemampuan dari komputer, maka kebutuhan akan perangkat omputer meningkat . Perkembangan teknologi komputer, kemudian pengoperasian dan juga biaya terjangkau hingga komputer dapat tersedia bagi pengguna rumahan.

Saat ini komputer hadir dengan desain yangs angat Ergonomis. Karena komputer harus dibuat senyaman mungkin karena kemampuannya sebagai alat bantu untuk bekerja. Tidak ada pekerjaan yang bisa terlepas dari kebutuhan perangkat ini.

Berdasarkan pengalaman , didapati kesimpulan bahwa produk yang baik dihasilkan dari rancangan yang baik. Saat ini produk perkantoran termasuk produk teknologi inofrmasi Ergonomi menjadi suatu keharusan. Produk - Produk masa depan akan mengarah pada bentuk - bentuk yang  semakin nyaman dan amana digunakan.


Sumber:
IT Ergonimics- Penulis : Feri Sulianta - Penerbit :PT Elex Media Komputindo

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close