Pergeseran perangkat keras - Perangkat Lunak - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, July 5, 2018

Pergeseran perangkat keras - Perangkat Lunak


Pergeseran tren dari perangkat keras ke perangkat lunak tidak dapat dihindarkan lagi menginat biaya yang semakin ditekan agar efisien. Perangkat lunak menawarkan banyak pilihan implementasi dengan biaya yang relatif murah dibandingkan dengan implementasi perangkat keras.

Peran perangkat lunak  semakin dominan dibandingkan dengan perangkat keras. Salah satu contoh adalah perangkat jaringan telekomunikasi yang didukung oleh sistem Software Defined Network (SDN). Sebuah sistem yang sebelumnya ditangani pada ranah perangkat keras sekarang sudah bergeser menjadi perangkat lunak karena alasan fleksibilitas dan biaya pengelolaan yang jauh lebih murah.

Sistem komputer cerda diarahkan pada pengembangan patform sistem yang handal untuk  mengakomodasi berbagai kepentingan aplikasi sementara perangkat keras dibuat seumum mungki. Platform dan middleware merupakan kunci dibaik peningkatan komposisi penggunaan perangkat  lunak dibandingkan perangkat keras.

Trend proses perancangan tidak lagi terlalu memisahkan antara bagian perangkat keras dan perangkat lunak. dengan  sistem perancangan berorientasi objek, proses perancangan dapat dilakukan secara bersama antara perangkat keras dan perangkat lunak.


Sumber:

Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close