Komputer Tabung Hampa - Part II - Mk IT Solution

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, April 12, 2018

Komputer Tabung Hampa - Part II


Mesin Von Neumann


Rancangan mesin komputer Neumann merupakan salah satu tonggak perkembangan komputer modern. Arsitektur Von neumann menggambarkan sistem komputer modern yang utuh terdiri dari memori untuk menyimpan data dan instruksi, unit kendali yaitu bagian yang mengedalikan jalannya proses dan unit aritmetik dan logka terdapat komponen akumulator sebagai tempat masuk dan keluarnya data ke dan dari Mesin Neumann.

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)


EDVAC merupakan kelanjutan ENIAC. Eckert dan Mauchly secara resmi memRApublikasikannya tahun 1947. EDVAC dirancang sebagai komputer serbaguna, dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Komputer ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pada Laboratorium Riset Balistik ( Ballistics Reasearch Laboratory) milik departemen pertahanan Amerika Serikat. Aplikasi yang dapat diselesaikan adalah perhitungan besar sudut rudal balistik sehingga rudal dapat mengenai sasaran.

Ide pembangunan EDVAC tidak terlepas dari Konsep dasar komputer Modern Dr. John Von Noumann dalam " A Very High-Speed Automatic Digital Computing System, And In Particular With Logical Control".

UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)

UNIVAC merupakan rancangan Mauchly dan Eckert berikutnya setelah EDVAC. Mereka mendirikan perusahaan "the Eckert-Mauchy Computer Company" dengan UNIVAC I sebagai produk pertamanya. UNIVAC I adalah komputer komersial pertama yang dipasarkan sejak tahun 1958 telah dibuat 46 buah UNIVAC I untuk berbagai kepentingan, seperti : Biro sensus Dept. Perdagangan Amerika, Universitas New York, perusahaan asuransi Pridential, dan perusahaan General Electric.


IBM 305 - RAMAC ( Random Access Method of Accounting and Control )

RAMAC merupakan Merk dagangIBM untuk komputer yang dibuat secara masal bagi kepentingan bisnis pada tahun 1956. RAMAC adalah komputer yang pertama kali menggunakan tempat penyimpanan (disk storage) . beberapa komponen yang terdapat di dalamnya : bagian pemroses utama (CPU), pembaca kartu (Card Reader) dan Printer. Program dasar  yang dibuat oleh Pabrik (Read Only Memory, ROM).

EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)


EDSAC dibua di Universitas Cambridge Inggris oleh Tim yang dipimpin Maurice Wilkes. Pertama kali dioperasikan pada tahun 1949. Komputer ini telah menggunakan assembler sederhana yang disebut "initial order". Dengan assembler ini, pemrogram tidak perlu menuliskan program dalam bahasa mesin.

EDSAC memiliki 1024 lokasi memori. Instruksinya terdiri dari 5-bit kode operai , 11-bit alamat memori dan 1-bit untuk instruksi khusus. Kumpulan instruksi yang dapat dieksekusi dalam assembler.

Initial Order adalah Program yang ditulis secara fisik. Program ini secara permanen dibuat olehmanufaktur dan tidak dapat diubah lagi. Pada saat komputer dijalankan, program ini akan diambil dan diletakan kedalam alamat awal memori. Fungsi ini mirip dengan fungsi sistem operasi pada komputer - komputer modern.

Sumber:
Oranisasi dan Arsitektur Komputer - Maman Abdurahman (Revisi Ketiga)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here
close